Sunday, November 2, 2014

sejarah awal mula Bitcoin



''BITCOIN'' adalah alat pembayaran / mata uang yang tak berwujud secara riil.

Di tahun 2009 seorang seorang kriptografer '' sathosi nakamoto '' mengenalkan hasil karya nya yang di beri nama bitcoin. ( yang belum tau apa itu Kriptografer ? Adalah seorang ahli internet yang berkecimpung dalam penelitian penyandian / kriptografi )

Liputan , KOMPAS.com ~ tepatnya 3 - januari - 2009 sathosi nakamoto meluncurkan 31.000 baris kode pemrograman, dan mengumumkan lewat internet mata uang buatanya yang di beri nama BITCOIN.
Di awali oleh 50 Bitcoin pertama yang di hasilkan melalui system di genesis block, dan satoshi nakamoto sendiri yang menambang ( sebutan untuk para pengumpul bitcoin ) bitcoin di genesis block.

Bitcoin tidak berbentuk coin, emas, perak, uang kertas, maupun uang logam. Ia tidak berbentuk uang ri'il, ia hanya mata uang digital. Mata uang yang sepenuhnya di kendalikan oleh perangkat lunak, yang setiap 10menit atau lebih akan di distribusikan kepada para '' penambang '' nya

awalnya bitcoin hanya di kenal dan populer di kalangan para kriptografer, satoshi nakamoto selaku empunya bitcoin selalu aktif di komunitas kriptografer. Ia di laporkan selalu aktif membalas setiap postingan di berbagai komunitas kriptografer.
lambat tapi pasti bitcoin semakin di kenal sampai media massa international ''WIKILEAKS '' yang selalu mengungkap dokumen - dokumen rahasia negara maupun perusahaan terkenal kepada publik, menyatakan hendak memanfaatkan bitcoin untuk di gunakan menerima sumbangan. Tapi satoshi nakamoto menolak dan memprotes rencana itu, karna menurutnya bitcoin terlalu dini dan belum siap untuk menerima perhatian sebesar itu

pada 5 desember 2010 satoshi nakato menghimbau kepada wikileak dengan menyatakan bahwa '' proyek ini butuh tumbuh perlahan agar piranti lunaknya bisa di perkuat sambil jalan, saya mengajukan kepada wikileak tolong jangan menggunakan bitcoin, bitcoin adalah komunitas beta yang masih balita, anda tidak akan mendapatkan ( donasi melalui bitcoin) lebih dari recehan saja. Tapi dampak yang anda bawa akan menghancurkan kami ".

Satu minggu kemudian 12 Desember 2010 satoshi nakamoto memilih meninggalkan bitcoin, ia menghilang setelah bitcoin semakin di kenal.
ia menuliskan pesan terakhir di forum. Dan itu adalah postingan terakhir satoshi nakamoto. Ia masih rutin membalas email dari para penggeliat bitcoin, dan semakin jarang lalu sama sekali.

Ketika itu pimpinan pengembangan bitcoin di pegang oleh Gavin Andresen. Pengembang yang satu ini awalnya terkenal dengan situs ''bitcoin faucet'' ( keran bitcoin ) yang bertujuan membagi bagikan 10.000 bitcoin gratis. andresen menjadi satu satunya orang yang masih bisa berkomunikasi dengan satoshi nakamoto. Pada 26 April 2011, Andresen menyampaikan pesan dari sang pendiri bitcoin.
" pagi ini satoshi menyarankan bahwa saya , dan kita ( komunitas bitcoin ), harus mulai untuk tidak membesar besarkan soal keberadaan " pendiri yang misterius " saat berbicara ke publik mengenai bitcoin." tulis anderson.
pada april 2011, kepada rekan rekannya, nakamoto mengirim pesan bahwa ia telah pindah mengerjakan hal hal lain. Sejak saat itu nakamoto menghilang.

sempat muncul spekulasi bahwa nakamoto adalah sebenarnya peneliti kriptografi terkemuka. Beberapa nama sempat di calonkan sebagai identitas pria itu, namun tak ada satupun yang mengaku. Ada juga yang menyatakan ia hanyalah nama samaran dari salah satu perusahaan teknologi jepang seperti samsung, toshiba, nakamichi, dan motorola.

di duga, karena bahasa inggrisnya yang fasih, satoshi bukanlah dari jepang, dan bahkan bukan hanya satu orang, tapi satoshi nakamoto adalah nama sebuah tim.

Tak perlu terus di buru siapa satoshi sebenarnya, hal yang lebih penting adalah hasil karyanya, bagaimana bitcoin sudah berhasil membuat pembaharuan dan mempengaruhi masyarakat dunia.

saat ini bitcoin semakin di lirik dan semakin banyak yang memakai untuk transaksi digital, popularitasnya semakin naik dan semakin di kenal kalangan luas. Dan ini mengakibatkan nilai bitcoin semakin merangkak naik.
pada saat pertama kali di luncurkan nilai 1 bitcoin = kurang dari $1 US. Dan pada desember 2013 nilai tukar 1 bitcoin = $710.

kita pasti masih sangat asing dengan keberadaan bitcoin yang tanpa berbentuk riil, dan cara kerjanya yang mengandalkan perangkat lunak / softwer dan jaringan internet itu. Tapi seiring berkembangnya dunia internet yang sangat cepat saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa bitcoin akan semakin di butuhkan.

"ADa kisah yang melegandaris" di kalangan penggiat bitcoin

awal awal menggunakan bitcoin sangat menyulitkan, selain karena masih baru bitcoin juga tanpa wujud riil. Berbagai cara di lakukan oleh para pelopor bitcoin untuk membelanjakanya.

Gavin Andresen, seorang pengembang KODE asal new england ini, di masa awal kemunculan bitcoin membeli 10.000 bitcoin dengan nilai $50 US, kemudian melalui situs Bitcoin Faucet ia membagi bagikan bitcoin secara gratis.

Laszlo hanyecz, programmer asal florida merupakan orang pertama yang melakukan transaksi fisik menggunakan bitcoin, ia menggunakan 10.000 bitcoin untuk membeli fizza, cukup rumit yang di lakukannya, ia harus mencari relawan yang ada di inggris lalu mengirimkan bitcoin. Relawan tersebut membelikanya fizza untuk hanyecz, dan membayarkanya dengan kartu kredit.

David foster, seorang pemilik lahan pertanian, menjadi orang pertama yang menerima pembayaran dengan Bitcoin dari hasil penjualan kaos kaki alpaca. Ini merupakan benda pertama yang benar benar bisa di beli dengan bitcoin.

lantas bagaimana dengan kita ??
perlukah kita untuk ikut berburu dan menggunakan bitcoin ini ??
jawabanya pasti , pasti suatu saat kita akan membutuhkanya karna kita saat ini hidup di era yang serba onlin. Tidak menut Lalu bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana cara menggunakannya ?

baca juga :

2 comments :

  1. Penawaran menarik untuk mendapatkan FasaPay dengan kurs Rp 13.900

    Biaya saat ini untuk USD / IDR 13.650, Unichange menawarkan kurs 13900 IDR

    Anda dapat menukar FasaPay USD, Bitcoin, litecoin, BTC-e, Perfect Money USD, USD OKPAY ke FasaPay IDR dengan kurs 13900 IDR untuk 1 USD pada layanan Unichange.me.

    Anda dapat melakukan order dengan arahan berikut ini :

    FasaPay USD ke FasaPay IDR
    Bitcoin ke FasaPay IDR
    Litecoin ke FasaPay IDR
    Kode BTC-e USD ke FasaPay IDR
    Perfect Money ke FasaPay IDR
    OKPAY ke FasaPay IDR

    Jika Anda mempunyai pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan kami untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  2. Would you like to get 30 bitcoin referrals every month, totally free?

    Here is How To:

    1. Claim 3,000 (50,000 maximum) free satoshi per day from the MellowAds Faucet.

    2. Start a 24 hours network-wide campaign (define your budget with all of your avail. satoshis) driving traffic to a bitcoin related referral page.

    3. When the campaign expires, re-claim and re-start.

    ReplyDelete